Telusur

Tuesday, January 31, 2012

Bondan Winarno Mimpikan Kuliner Indonesia Mendunia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bukan rahasia, Indonesia memiliki beraneka ragam kuliner khas. Namun, sayangnya hampir tidak ada wadah untuk mempromosikan keanekaragaman kuliner tersebut ke dunia internasional.
Berangkat dari keprihatinan tersebut, Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian perdagangan RI, melalui Bondan "Mak Nyus" Winarno, membawa makanan Indonesia ke luar negeri melalui program,  "Taste of Indonesia" yang juga tayang di AFC (Asian Food Channel).
Menurut Bondan, acara televisi yang berskala Internasional jarang sekali menayangkan kuliner khas Indonesia yang unik dan lezat. Berbeda dengan negeri tetangga, seperti Singapura dan Malaysia yang gencar mempromosikan kuliner khas negaranya masing-masing.
Menurut Bondan, negara-negara tetangga tersebut sudah lebih dulu memanfaatkan program acara kuliner sebagai corong promosi di dunia internasional. Melalui promosi itu, mereka bisa mengembangkan usaha dengan mengedepankan produk kuliner dalam negerinya.
"Padahal negara-negara tetangga lainnya, sudah lebih dulu menjadikan program kuliner sebagai corong promosi pada dunia luar. Minimal skala Asia-lah. Sebut saja Malaysia dan Singapura sudah memiliki belasan program acara di AFC. Yang hampir tidak ada itu Indonesia," keluh Bondan.
Tak pelak, Bondan punya keyakinan, melalui program di AFC, kuliner Indonesia juga mendapat jalan untuk semakin mendunia.

Ditulis Oleh: Wartawan Tribunnews.com, Willem Jonata

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/bondan-winarno-mimpikan-kuliner-indonesia-mendunia-

No comments: